Data Ayo Mondok ngawur


Data Ayo Mondok ngawur
Ayo Mondok adalah website yang berisikan pesantren-pesantren di seluruh indonesia. Website ini -- katanya -- bertujuan untuk lebih mempopulerkan lagi pondok pesantren sekaligus memudahkan seseorang untuk mencari pesantren di kota tertentu. Website Ayo Mondok menggunakan bahasa PHP dan tidak menggunakan Content Management System (CMS) seperti Wordpress yang begitu sangat populer akhir-akhir ini. Meskipun begitu , ada beberapa kejanggalan pada website ini. berikut kejanggalan-kejanggalan di website Ayo Mondok.

Data ngawur

Beberapa data di website Ayo Mondok sangatlah ngawur seakan-akan data-data di website tersebut asal-asalan diambil dari internet dengan tanpa melihat langsung keadaan pesantren sesungguhnya. Bahkan ada foto beberapa gedung pesantren yang di pasangkan pada pesantren lain . Salah satunya adalah banyak foto pesantren Fatihul Ulum Manggisan yang terpasang di pesantren lain. Juga ada beberapa foto-foto kegiatan pesantren tertentu yang dipasangkan pada pesantren lain . Salah satunya adalah group Rebana Manggisan yang dimiliki oleh pesantren yang lokasinya berada sekitar 3KM sebelah utara Fatihul Ulum Manggisan. Sangat disayangkan sekali , website Ayo Mondok yang didalam halamannya mencatut nama NU dan Aswaja ternyata asal-asalan dan tidak bisa dijadikan referensi. Terlebih , kesalahan fatal dalam memasukkan data.

Berikut adalah kesalahan-kesalahan tersebut

Kesalahan Foto Ayo Mondok
Gedung-gedung pada gambar terkiri sampai nomer tiga pada gambar diatas adalah gedung Fatihul Ulum Manggisan. Hadroh yang terlihat pada gambar di atas adalah milik Miftahul Ulum Manggisan . Sepertinya itu diambil dari link dibawah ini

Halaman Kontak

Halaman Kontak adalah halaman yang biasanya dijadikan tolak ukur apakah website bisa dipercaya atau tidak. Saat ini di tulis tidak ada Email yang bisa dihubungi dalam halaman kontak Ayo Mondok. Hanya ada nomer HP yang setelah dihubungi ternyata nomernya tidak berlaku alias tidak aktif.

Kesimpulan

Mungkin hanya ditemui beberapa atau sekelumit kesalahan data pada website Ayo Mondok . Namun , dengan tidak adanya kontak yang bisa dihubungi dan tidak ada pilihan untuk menilai profil pesantren , semakin memperbesar kemungkinan bahwa sebetulnya banyak kesalahan data di website Ayo Mondok. Saya menjadi berpikir , apakah Ayo Mondok betul-betul didukung oleh NU atau jangan-jangan website ini hanya mencatut nama NU untuk keperluan tertentu. Wallahu aklam.

Penulis adalah santri Fatihul Ulum Manggisan. Artikel adalah opini pribadi dan tidak mencerminkan sikap resmi pondok pesantren Fatihul Ulum

  • Author :Syaiful Bachi
  • Category : Opini ,
  • | 2016-10-22


Related Posts


Pondok pesantren terbaik di Jember

Tidak ada pesantren terbaik di jember ataupun di...


Inferno

Inferno adalah salah salah satu film baru yang...