Menang bukanlah segala-galanya


Menang bukanlah segala-galanya

Hampir dalam semua level perlombaan -- dari tingkat MTs , MA , sampai kuliah -- menang adalah target utama . Bagaimanapun untuk tingkat junior menang tidak harus selalu menjadi target utama.

Pasti , dalam olimpiade atau kejuaran semua orang ingin menang , namun pada dasarnya ada beberapa keuntungan ketika kalah, khususnya ketika di level awal-awal.

Ketika berbicara tentang pelajaran hidup , dan tumbuh menjadi dewasa : Manakah yang paling untung:kalah atau menang? marilah kita lihat

Keuntungan menang

Menang mungkin bukanlah segalanya , tentu menang akan meningkatkan rasa percaya diri! Tidak ada yang yang lebih berharga selain perasaan hebat. Dan menang adalah cara yang paling gampang untuk membangun kepercayaan diri. Itu karena menang adalah bentuk penahbisan . Dengan menang , kamu tahu kamu telah melakukan apa yang seharusnya kamu lakukan , Cara-caramu berhasil dan kamu mempunyai kerangka dasar menuju kesuksesan. Itu akan membuatmu senang dalam melanjutkan permainan.

Kerugian menang

Jika menang sangatlah mengasikkan , kenapa dikatakan "menang bukanlah segala-galanya?" Itu dikarenakan pada akhirnya menang menjadi membosankan dan membuatmu puas Jika kamu tidak berkembang dari keadaan sekarang , sangatlah mudah untuk berhenti belajar . Kamu sangatlah rawan untuk menjadi malas dan disanalah kebiasaan buruk berkembang. Selalu menang , atau menang terlalu awal , bisa juga buruk karena ia bisa memberikan pikiran yang salah tentang dirimu . Menjadi pemenang tidak otomatis menjadi yang terbaik , dan mungkin menang akan membuatmu berhenti berjuang dan bekerja keras.

Keuntungan kalah

Tentu , pada awalnya , kalah jelas tidak enak sama sekali. Namun kalah bisa membangun karakter. Belajar bagaimana menyikapi kekalahan adalah hal yang paling penting dalam kehidupan . Itu karena kalah adalah bagian besar dari pengalaman hidup. Kalah dalam perlombaan bukanlah satu-satunya kekalahan yang akan kamu hadapi. Dan bagaimana kamu merespon terhadap kekalahan itulah yang akan menunjukkan siapa dirimu .

Kalah juga bisa memberi kamu arah dan tujuan . Ia akan membuatmu ingin berjuang untuk menjadi lebih baik dan meraih apa yang sebelumnya belum kamu raih. Kalah juga akan memaksa kamu untuk melakukan evaluasi . Satu-satunya cara untuk membuatmu berkembang adalah dengan berkaca pada cermin dan membetulkan apa yang masih belum bekerja. Ketika kamu menang , kamu cenderung tidak melihatnya.

Kerugian kalah

Apakah kerugian dari kalah? , ya ruginya kalah ya karena kalah itu sendiri. Tidak seorangpun menginginkan kalah karena tidak ada seorangpun ingin susah. Dan selalu kalah bisa membuat dirimu putus asa dan berhenti.

Apakah perasaan menang lebih baik dari pada perasaan kalah? tentu saja . Apakah kalah akhir dari dunia? sangat jauh. Menang bukanlah segala-galanya dan kalah juga seperti itu.

Menang bukanlah segala-galanya: di sisi lain , menang itu mengasikkan . Kalah pada dasarnya akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik. Bagaimana menurutmu ? apakah kamu belajar dari kekalahanmu?


  • Author :Fatihul Ulum Admin
  • Category : Psikologi ,
  • | 2016-10-13


Related Posts


Bagaimana menulis buku

Bagian tersulit bagi kebanyakan para penulis,...


7 kelebihan pesantren

Pondok Pesantren adalah institusi pendidikan yang...


Kerja ketika lelah

Telat tidur tadi malam? tidak bisa tidur , atau...


Kebiasaan belajar efektif

Target utama pendidikan adalah untuk membuat...